Sabtu, 31 Oktober 2015

Kamus Banyumasan, Pedoman Bercakap Para Pendatang

Duta Wisata Banyumas mengenalkan Kamus Banyumasan (pict : @kamusbanyumasan)



“Serius deh, gue cuma bisa melongo kebingungan waktu denger temen-temen gue yang nyerocos ngomong banyumasan.” Kata Tina, salah satu teman saya dari jawa Barat yang menjadi mahasiswa baru di Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Jendral Sudirman ketika saya temui beberapa waktu lalu pasca ospek.

Purwokerto yang menjadi ibu kota kabupaten Banyumas tengah merangkak menjadi kota konsumtif. Hal itu terbukti dari adanya Universitas Jendral Sudirman yang menjadi magnet kedatangan para mahasiswa dari luar daerah. Hal itu membuat penduduk di Purwokerto semakin padat. Dari berbagai latar belakang kehidupan dan juga daerah yang tidak semua bisa memahami lingkungan di Banyumas ini dengan instan.
Saya juga nggak mau kalah eksis :p
 Dialek ngapak banyumasan memang salah satu ciri khas dari Banyumas. Dimanapun tempatnya, orang banyumas dapat dengan mudah dikenali dari dialek ngapaknya. Rupanya hal itu yang membuat para pendatang dari berbagai daerah kesulitan beradaptasi ketika tiba di Purwokerto. Tak lain karena bahasa banyumasan yang sangat khas.
Eitss ... namun jangan khawatir. untuk mengatasi hal tersebut, dengan menggunakan teknologi yang keren, terdapat sebuah aplikasi "Kamus Banyumasan" lho! Hebatnya lagi, di era modern ini, aplikasi tersebut bisa dengan mudahnya mengunduh aplikasi tersebut di smartphone. Cukup dengan membuka PlayStore dan ketik "Kamus Banyumasan" langsung deh, muncul dan bisa digunakan dengan mudah. 
Kamus Banyumasan ini juga baru diluncurkan beberapa hari yang lalu loh, bertepatan dengan hari sumpah pemuda. Spesialnya lagi, yang meluncurkan ialah Bapak Bupati Banyumas. wuiih, keren. Aplikasi yang dibuat oleh Gedhe Foundation ini juga memiliki kapasitas ukuran yang cukup kecil, hanya 2mb. wah, jadi semua orang bisa menggunakan dengan mudah. 
Ini dia penampakannya...
ini dia Kamus Banyumasan
Kamus Banyumasan
Nah, gimana? sudah download? langsung saja deh, search di PlayStore, dan download aplikasi ini. Buat para perantau yang selalu bilang, "Ora Ngapak Ora Kepenak" saya rasa aplikasi ini cocok buat kalian. Ketika kalian menjelajah kemanapun berada, dan banyak orang yang tidak mengerti tentang bahasa ngapak, langsung saja deh rekomendasikan aplikasi ini agar mereka semua ngerti dengan bahasa ngapak.
Kamus banyumasan ini sangat pas menjadi pedoman berinteraksi bahasa ngapak khususnya bagi para pendatang yang mulai mendengarkan bahasa ngapak. jadi, buat kalian para pendatang, jangan khawatir bakalan kebingungan nggak ngerti dengan bahasa banyumas, kamus banyumasan hadir merubah segalanya lhoo. So, ayo, tunggu apalagi, download Kamus Banyumasan dan cintai budaya Banyumas!

4 komentar:

  1. Huwaaaa menarik biil :D
    Kalo aku orangnya ngerti orang ngapak ngomong apa, tapi kalo mau ngomong ngapak takut salah ngomong hohoho, kayaknya kamusnya bakal bantu banget :D

    BalasHapus
  2. huwaa. kamus bahasa aceh kapan yakkk :D

    BalasHapus
  3. huwaa. kamus bahasa aceh kapan yakkk :D

    BalasHapus

Silahkan berikan komentar anda di Postingan ini tanpa mengundang SARA dan Pornografi ya sahabat! ^.^